#MaternityStory: Drama MPASI :)

Haaai~

Welcome back to blog yang fix dah banyak banget sarang laba-labanya yaaa~ hehe. Literally, sebanyak itu gaes sarang laba-labanya. Dari Februari, baru ketulis lagi bulan apani? April 2024 wkwkwk. Sampe udah abis Lebaran 2024 wkwk :”) Gila setahun lebihhhh gaes! Paraaaah. Bener-bener yaah tahun 2023 jadi tahun paling tidak produktif di dunia per-blog-an :’) Mohon maaf lahir & batin sekalian deh yaaa kalo gitu :”)

Setelah ngomongin perjalanan meng-ASI-hi yang Alhamdulillah udah lulus 2 tahun, agak extend malah kayaknya wkwkwk, seru juga ngomongin drama MPASI yang tiada berkesudahan :’) Seperti biasa akan aku bagi ke beberapa sub-judul biar memudahkan pembahasan per-MPASI-an ini yaak.

Alat Tempur MPASI

Layaknya peperangan, alat tempur untuk MPASI perlu disiapkan. Fase MPASI tuh kayak battlefield yang lebih ngeri daripada MasterChef Indonesia yang lagi viral dibahas netijen akhir November 2023 lalu. Aku jujur sangat terbantu dengan kado-kado dari orang-orang baik hati yang ngasih set alat makan (apalagi yang Pigeon Feeding Set beuhh bermanfaat bgt), karena sungguh mengurangi budget aku untuk beli alat makan. TAPI… Namanya juga ibu-ibu tetap pake acara kalap belanja wkwk. Kira-kira apa aja sih yang aku beli (dan aku miliki) buat MPASI? Sini aku bisikin~

Pertama. Kursi Makan. Sejujurnya sempat terjadi pergolakan batin mendalam saat beli ini, mau beli high chair atau booster seat ya? Udah gitu bolak balik googling dan nonton review di YouTube, mencari merk mana yang terbaik, yang tentunya masih masuk budget. Akhirnya, kami memutuskan untuk beli booster seat aja karena keluarga kami ga punya meja makan yang tinggi wkwkwk. Kami biasa makan sambil duduk di sofa dengan meja pendek, atau malah lesehan. Jadi kalo beli high chair malah bakal ketinggian. Bertiga, bersama Bawawa yang masih berusia 5 bulan, pada 8 Desember 2021 pas anniversary pernikahan kami yang kedua, kami ke toko KinKin Babyshop untuk belanja di sana. Pilihan booster seat kami pun jatuh pada merk Baby Safe atas rekomendasi dari shopkeeper di sana juga.

Booster Seat pilihan kami, bener-bener punya Anan tuh plek ketiplek sama yang ini

Kedua. Slow Cooker. Ini alat yang antara penting ga penting, tapi cukup membantu bunda bundi yang bekerja seperti aku. Karena buat bikin MPASI tinggal cemplang cemplung bahan, terus jadi. Pilihan jatuh kepada merk Baby Safe (lagi), dan beli juga di toko yang sama. Ambil yang paling kecil, biar ga kebanyakan masaknya.

Slow cooker Baby Safe yang cukup menolong sampe anak umur 1 tahunan~ Sebenernya bisa dimanfaatkan buat sekeluarga juga (kalo pengen bikin bubur gitu), tapi akunya aja yg mager masak hehe.

Ketiga. Food Maker. Ini lagi-lagi aku pasrahkan kepada merk Baby Safe. Aku beli yang Food Grinding Set, jadi ada parutan, saringan, terus bisa buat numbuk, ada perasan jeruknya juga. Lumayan membantu di tahap awal MPASI yang butuh tekstur lembut. Aku beli di Shopee seharga sekitar 75k-an gitu. Selain grinding set-nya Baby Safe, aku juga ngide banget beli pisau dan telenan khusus buat MPASI wkwk. Ini antara kepake ga kepake ya, karena aku jarang masak jd ga kepake. Paling peeler-nya sama pisaunya yang kepake. Tapi buat bunda bundi yang mau ikhtiar masak sendiri terus untuk buah hati, bakal kepake banget kok.

Yang ini nih bunda bundi, lumayan membantuu banget~
Ini dia set pisau + telenan + peeler gemoy yang aku beli

Keempat. Food Container. Wajib dan fardhu ‘ain hukumnya buat punya food container ini lebih dari satu. Aku punya 6 biji dari 2 merk berbeda, Little Baby sama IQ Baby. Hehe. Paling bagus sebenernya yang kaca, tapi aku punya pertimbangan lain, yakni buat jaga-jaga kalo harus bawa makanan bayi ke luar rumah, kalo kaca takutnya pecah. Jadi aku pilih bahan yang non kaca, tapi tetep microwave oven safe dan tentunya BPA free. Ada ukuran berapa ml-nya, jadi makin enak buat ngontrol seberapa banyak makanan yang dimakan sama bayik~

Kelima. Alat Makan dan Minum. Jujurly, aku udah dapet banyak kado alat makan dan minum, tapi tetep aja tergoda buat beli. Yang pertama aku beli itu set Mugu Sensoric Spoon & Fork, jadi dia satu set sendok garpu gitu, ada wadahnya tersendiri jadi bisa dibawa pergi. Ini aku beli online di Shopee dan jadi favorit Anan banget, sampe akhirnya sendoknya skg udah dipensiunkan karena digigitin tikus syedih :”) Kedua, aku beli juga Richell AQ Straw Training Mug, jadi tempat minum ada sedotannya gitu dari brand Richell. Kata orang-orang, cie, tempat minum ini membantu anak buat belajar minum dari sedotan banget. Harganya lumayan pricey pula, aku beli di Shopee di atas 100k. Tapi… Di aku kepakenya cuma bentar banget. Anakku malah lebih seneng minum pake Pigeon Training Cup yang harganya lebih murah. Hedehh~ Ketiga aku beli silicone suction bowl & spoon yang berakhir gak gitu kepake, karena Anan gak begitu seneng sama produk ini. Malah seringnya jadi buat wadah sensory play Anan wkwk. Keempat, yang ini aku ga beli, yaitu… Pigeon Feeding Set (Anan dapet 2, yang satu sama juice feeder yang satu sama training cup). Wah ini membantu banget sih, pegangan sendoknya pas, ukuran bowl sama plate-nya juga pas. Asli, kalo temenmu lahiran, kadoin ini aja udah! Sampe sekarang Anan umur 2,5 tahunan juga masih mau pake piring sendok mangkok dari Pigeon ini.

Keenam. Rak Piring Plastik. Random banget emang, tapi aku beli ini karena emang aku ga punya tempat penyimpanan sendiri buat piring-gelas-printilan alat tempur MPASI wkwk. Akhirnya aku beli online di Shopee dari brand Angola, ambil yang ukuran medium (ga kecil, tapi ga besar banget). Waktu itu lagi ada diskon jadi harganya 84k, tapi karena dimensinya lumayan gede, ongkirnya 20ribuan meski udah pake kargo. Alias… Ya… Tetep 100ribuan. Wkwk.

Penyelamat tempat untuk printilan alat tempur MPASI haha

Yak. Sepertinya itu ajasih beberapa alat tempur penting untuk MPASI~ Jujur aku bukan mommy yang heboh-heboh gitu, jadi yaa banyakan yang seadanya aja. Hehe. Kita lanjut ke segmen berikutnya untuk jenis makanan selama MPASI yak~

Makanan (dan Minuman) MPASI Anan

Jujur. Section ini adalah section yang bikin aku maju mundur mau nulis tentang drama MPASI soalnya rawan mom-shaming banget! Mirip-mirip sama masalah pake sufor atau full ASI. Yes. We all know that the best MPASI adalah homemade food yang emang dibikin dari real food. Tapi, perlu kita pahami bersama bahwa tidak semua orang-tidak semua ibu memiliki waktu, kesempatan, keahlian, waktu untuk mengasah keahlian, dan kekuatan untuk masak itu semua. Apalagi untuk aku yang working mom dan memang gak punya passion dalam masak memasak. Bagi aku yang melabeli diriku ‘gak bisa masak’ karena tiap masak aku emang harus liat youtube atau baca cookpad dulu dan masaknya yaa itu itu aja, hanya untuk sekedar bertahan hidup dan emang ga tertarik ngulik resep… Masak buat MPASI itu menakutkan sekali.

Terbukti dari masakanku di hari pertama yang gagal. Niat bikin makanan untuk sekeluarga sekalian MPASI seperti yang digaung-gaungkan para mom-fluencer dan nakes-nakes (dokter ahli gizi dllsb) di medsos, ujung-ujungnya di keluarga kami yang makan bapak ibuknya aja dengan rasa ga sempurna yang harus kami tahan karena mubadzir kalo ga dimakan. Anan gamau makan, semua dilepeh. Aku langsung stress. Untung ga lama, aku langsung segera sadar bahwa Anan harus belajar makan. Akhirnya ga mau idealis-idealisan, aku cobain segala jenis MPASI fortifikasi. Yang ada kemasan sachet, aku beli sachet satuan dulu, yang cuma ada kemasan kardus, aku beli yang paling kecil dulu.

MPASI fortifikasi yang pertama Anan makan adalah Promina. Aku coba beli beberapa varian kayak steamed chicken, kacang hijau, pisang susu, sapi wortel, ayam brokoli keju, ayam jamur, dan sebagainya. Jujur Anan doyan tapi ga bertahan terlalu lama, alias harus diselang-seling. Akhirnya diseling sama Cerelac Apel Jeruk Pisang, Beras Merah, sama Kacang Hijau. Aku seling lagi juga sama Milna dengan beberapa varian, tapi yang aku repurchase adalah varian tim hati ayam bayam karena Anan mau, dan aku butuh hati ayam itu buat asupan zat besi. Tapi… Sampe akhir-akhir ini, before Anan turns 2 years old, yang beneran jadi comfort food Anan (kalo dia beneran lagi menolak makan apapun) akhirnya: Promina Choco Avocado, Cerelac Kacang Hijau, Cerelac Apel Jeruk Pisang.

Menariknya… Anan kan doyan sama Promina yang produk Indofood nih. Nah, meskipun sama-sama produksi Indofood, Anan sama sekali gak doyan makan MPASI fortifikasi yang merek SUN mau yang bubur sereal rasa pisang, kacang hijau, atau ayam kampung, semuanya ga ada yang doyan. Agak bingung juga kenapa demikian. Kayak ga doyan MPASI fortif yang murah gitu? Entahlah :’) wkwk.

Setelah beberapa bulan MPASI berjalan, biar aku ga merasa bersalah-bersalah banget karena ngasih fortifikasi terus, aku pun mulai coba-coba untuk masak lagi. Tapi emang, gak terlalu doyan anaknya tuh. Sempat aku masakin yang non-nasi kayak kentang-telur-keju-wortel gitu, cuma doyan beberapa kali, terus akhirnya gamau lagi. Beli keju Belcube buat MPASI, akhirnya dimakan sendiri. Masak pake unsalted butter juga ga doyan padahal udah beli yang Anchor. Beli Canola Oil, juga kepake bentar buat aku masih mencoba masak di awal-awal MPASI, selanjutnya menyerah masak dan dipake sendiri aja.

Aku pun kemudian menemukan sebuah penemuan yang menarik biar tetep kerasa masak dan gak instan-instan banget yaitu: Nayz Bubur MPASI Organik. Segala rasa dicobain, untungnya Anan mau. Duh asli terharu banget! Biasanya suka aku tambahin protein ekstra dengan cara bikin orak arik telur. Yang penting usaha wes!

Selain itu, aku juga selingin dengan beli bubur bayi MPASI yang di pinggir jalan itu loh~ Di Jogja ada yang cukup terpercaya, namanya Bubur Bayi Dhania. Menunya ganti setiap hari, teksturnya bervariasi dari bubur, tim, sup/soto, dan puding juga ada. Ada banyak outlet di Jogja, dan cukup bersih sih kalo menurutku. Selama setengah tahunan anakku makan meski ga tiap hari, ga pernah ada sakit perut atau alergi. Alhamdulillah.

Kemudian kalo ngomongin snack. Hmm… Anan cukup tricky sih. Buah gak semuanya doyan, puding atau agar-agar gitu pun baru mau makan ketika umurnya udah lebih dari 1 tahun. Jadi selama usia 6 bulan sampai 1 tahunan ini, snack Anan banyakan finger foods kayak biskuit bayi Milna, terus Yummy Bites Crackers, yah sekitaran itu lah. Kalau buah, dia paling suka jeruk dan anggur. Pisang doyan, tp ga sesuka makan jeruk dan anggur. Dah sampai sekarang juga kalo ketemu jeruk sama anggur, itu pasti nagih dan gamau berhenti makan wkwk. Minumnya juga cuma ASI, sufor, sama air putih (air mineral oke, air rebusan oke).

Drama Selama MPASI

I am super thankful karena sedikit dianugerahi Tuhan sikap bodo-amat. Dalam artian, gak kebanyakan overthinking tentang ini dan itu. Jadi mungkin ada beberapa pengalamanku yang bisa bikin orang lain stress parah, tapi di aku gak terlalu dipikirin.

Mingkem alias GTM-Gerakan Tutup Mulut, tentu terjadi di anakku. Tapi, aku gak mau ambil pusing melabeli anak dan sambat “anakku lagi GTM nih” :’) Kenapa demikian, karena aku gamau kasih sugesti negatif baik ke aku maupun ke anakku. Anggep aja lagi gamau makan, mungkin krn mulutnya lg ga nyaman tumbuh gigi, atau makanannya gak doyan. Udah. Tapi aku gamau nyebut istilah GTM, karena ya itu tadi aku pengen banyak afirmasi positif aja.

Sempat juga pas lagi berjuang naikin berat badan anak, eh kena Flu Singapur :’) Terjun bebas lagi deh. Akhirnya asal yang penting mau makan, aku mulai agak longgarin feeding rules. Gak harus duduk di kursi makan, bisa sambil lesehan atau di sofa, tapi yang penting tetep duduk. Sambil nonton youtube pun aku kasih, karena posisinya kepepet banget, dia harus makan biar cepet sehat. Dah pokoknya terima aja kalo makannya anak aku tidak seperti yang disarankan dokter-dokter 🙂

Masalah naik tekstur, pun sepertinya nggak begitu berarti. Semenjak usianya 1 tahunan, kami mulai coba kasih nasi pun oke, dengan lauk yang dipotong kecil-kecil. Akhirnya bahkan mulai makan makanan yang sama dengan keluarga di usia di atas 1 tahun. Alhamdulillah.

Banyak juga yang ribut masalah ngasih makan anak dengan cara BLW atau Baby Led Weaning. Nah… Ini. Jujur. Aku gak sanggup. Hahaha. Aku dan suami sama-sama kerja, suamiku dosen, aku kerja di 3 tempat dengan shift. Kalo anak dibiarin makan sendiri, aku yang gak sanggup beres-beres setelah makannya. Gak ada waktu. Jadi kami tetap kukuh pada pendirian, anak disuapin aja udah. Meski sekarang udah mulai belajar nyendok sendiri, kalau makan, sementara ini tetep kami suapi dulu. Less drama, happier me!

Pola Makan Anan Sekarang

Untuk saat ini, di usia Anan yang 2 tahun 8 bulan, kami bersyukur anaknya udah makin doyan makan. Bangun tidur pagi minta makan, bangun tidur siang minta makan, bangun tidur sore minta makan lagi wkwk. Favoritnya sedang cukup aneh “mamam abon sama biti” maksudnya makan nasi lauk abon + dikasih Tini Wini Biti yang rasa Jagung manis. Wkwk. Tapi di luar itu juga mau kok~ Dia seneng banget makan nasi gudeg pake telor, mentai chicken, Truffle Belly, spaghetti/fettucine bolognese, dllsb. Kalau olahan daging sapi, perlu dipotong lebih kecil lagi biasanya. Sayur pun oke, tapi biasanya dia lebih milih wortel dan brokoli/kol dari sup untuk dimakan.

Untuk minuman, mulai dari umur 1 tahun ke atas, Anan masih minum ASI (terakhir sampe Januari 2024 kemarin), sufor kadang-kadang kalo minta aja dikasih-masih setia dengan Bebelac, susu UHT kotak dia juga oke dan nggak ada masalah dengan perutnya. Selain itu, suka sama Sari Kacang Ijo-nya Ultra wkwk. Sesuka itu banget! Kemudian kalo ikutan bapak ibuknya ke cafe, biasanya pesen es cokelat. Tapi kami tetap tidak memberikan teh dalam bentuk apapun. Tentunya, air putih tetap menjadi favoritnya. Bener-bener sehari botolnya yang sekitar 400ml itu bisa direfill sampe 2-3x, terutama kalau pas cuaca panas.

Untuk buah… Wah! Anan suka banget sama jeruk dan anggur. Sampe kadang suka kusembunyiin, kalo ga langsung abis detik itu juga ga peduli seberapa banyaknya :”) Terus yang dia doyan tp ga nyariin tuh: pisang, rambutan dan salak. WKWK. Kalau pepaya ga doyan, mungkin karena lembek. Semangka juga ga doyan, mungkin karena teksturnya terlalu berair. Apel juga gak doyan! wkwk. Dia suka nyebut2 buah apel, kalo ada gambar apel udah bilang apel-apel gitu. Tapi kalo suruh makan gamau. Kalo ini sih fix keturunanku karena aku juga gak doyan apel.

Mungkin segini dulu cerita tentang MPASI Anan sampai sekarang. Semoga ada hikmah dan manfaatnya~ Pun kalo tidak…. Yah. Makasih udah mau jadi tempat buang uneg-unegku dengan membaca tulisan ini~ xixixi :3

Sampai jumpa di tulisan berikutnya, entah tentang apa… 😀

Tinggalkan komentar