Finally Sarjana Ilmu Politik #2: A to Z Wisuda (Step by Step dan Wisuda 101)

Hi! Welcome back πŸ˜‰

Kali ini mau melanjutkan part 2 dari posting yang kemaren~ Sebenernya gak bener-bener nyambung sih. Karena artikel kemaren kan lebih tentang bayar berapa dan dapet apa aja, nah kali ini aku mau sharing tentang step by step menuju-saat-dan-pasca wisuda (baik yang wajib maupun yang kondisional) sekaligus kemarin sempet bikin highlights di instagramku tentang Wisuda 101 dari suhu @herniohoetomo yang juga akan aku rangkum disini~

Jadi sebenernya wajib baca part 1-nya gak sih biar ngerti part 2-nya?

Nggak sih~ Tapiii aku saranin baca, biar tahu dapetnya apa aja dan kira-kira abis duit berapa :p Yang belom baca dan mau baca part 1 dulu… Silakan klik disini.

Sudah? Now, let’s go to the list!

Step by Step : Menuju-Saat-Pasca Wisuda

Ketika kamu sudah membayar dan mendaftar wisuda seperti pada artikel tentang yudisium kemaren, sebenernya kamu tinggal duduk cantik menunggu pengumuman selanjutnya untuk wisuda. Sambil menunggu ini, kalo kamu gak males sih ya, yang bisa kamu lakukan adalah nyicil cari kebaya (bagi cewek terutama), mulai cari-cari MUA, studio foto (karena pasti bakal penuh banget), daan akomodasi kayak tiket dan hotel (terutama buat kamu yang dari luar Jogja). Kalo aku kemaren gimana? Leha-leha :p Di saat (hampir) semua temanku sibuk hunting bahan kebaya di Jalan Solo, aku kalo nggak siaran ya main game Age of Empires II. Hehe.

Kebetulan, Wisuda Sarjana dan Diploma Universitas Gadjah Mada Periode IV Tahun Akademik 2017/2018 yang berlangsung bulan Agustus 2018 kemarin dibagi jadi 2 hari yaitu Rabu, 29 Agustus 2018 dan Kamis, 30 Agustus 2018 karena peserta wisudanya banyak banget, sekitar 3000 lebih tapi belom nyentuh 4000. Percayalah, pengumuman resmi dari kampusku (FISIPOL) itu keluarnya lamaaaaaaaa banget~ Jadi akhirnya kami saling berbagi informasi yang didapat dari fakultas-fakultas lain, dan kepastian pertama yang didapat adalah FISIPOL wisuda di hari kedua yaitu tanggal 30 Agustus 2018.

Nah kalo udah dapet kepastian tanggal gini enak nih, udah bisa booking MUA, booking studio foto, booking fotografer, booking hotel dan beli tiket menuju dan keluar dari Jogja. Bagi yang dari luar Jogja yaaa terutama. Sebagai anak Jogja tulen yang keluarganya disini semua, yang kulakukan setelah tahu wisuda tanggal 30 Agustus adalah survey studio foto. Personally akutu males banget mau foto di daerah utara deket kampus. Kenapa? Karena pasti rameeeeeeeeeeeee banget. Akhirnya aku coba hunting di beberapa daerah selatan, dan hasilnya sebagai berikut:

  1. Duta Foto, Jalan Parangtritis

Duta Foto adalah sebuah studio foto jadul yang coba-coba iseng aja kudatengin karena nyetak fotonya bagus… Secara harga juga gak gitu mahal… Tapi liat background-nya buat foto dan sumber daya manusia-nya yang motret… Aku sama ibuk langsung kabur. Enggak cocok di selera. Hehe.

  1. Aneka Indah, deket jembatan Serangan

Sebenernya ini adalah langganannya sepupuku buat foto wisuda… Tapi terakhiran itu mbak Sari udah gak rekomendasiin tempat ini buat foto karena pelayanannya (katanya) ngeselin dan file-nya mbakku ilang, terus kata mas Hardoβ€”sepupuku yg lain, mas e mbak Sariβ€”background fotonya nggak begitu bagus juga. Tapi aku sama ibuk tetep kesana buat survey gitu… Basically mereka punya 4 paketan dari harga IDR180k-an sampe IDR500k-an (kalo gak salah inget). Enaknya lagi di sana ga perlu booking dan DP, tinggal dateng aja, pilih paketnya, foto-foto, bayar, udah. Tapi waktu aku mau liat studionya kekmana buat cek background-nya, katanya lagi renovasi. HADEH. Tapi mbaknya bilangnya sih tanggal 30 tuh udah beres renovasinya. Jadi yaudah β€˜tandain’ dulu aja, toh gapake booking.

  1. Concept Photo Studio, Jalan Bugisan

Ini aku surveynya via Whatsapp sih. Haha. Jadi waktu itu aku lewat studionya tapi males mampir, terus cek instagramnya, dan nanya-nanya via Whatsapp. Adminnya cukup responsif, jadi enak aja nanya-nanyanya. Mereka punya 4 paket yaitu Familia (IDR180k), Socialismo (IDR290k), Grande (IDR350k)Β  dan Luxio (IDR450k). Setelah berbagai pertimbangan, dilema berkepanjangan, berbagai macam kegalauan, dan ini itu akhirnya aku memilih paket Socialismo di studio foto ini dan DP dulu IDR100k.

Foto studio udah clear. Make up sama hair do udah jelas sama Mbak Sari. Terus buat kebaya awalnya kan bingung, nah kemudian pas lagi liburan sekeluarga besar ke Sikunir-Dieng tanggal 18-19 Agustus lalu, tiba-tiba budhe Ida nawarin. Jadi udah clear semua lah ya~ Next step apa nih?

AMBIL TOGA

Selanjutnya adalah ambil toga. Lagi-lagi, ambil toga ini dijadwal juga tiap fakultas gitu, dan FISIPOL kebagian tanggal 23 Agustus 2018 alias H-7 Wisuda. Pengambilan toga ini dilakukan di Gelanggang Mahasiswa UGM dan buka dari jam 08.00-15.00. Syaratnya? Bawa formulir A3 (kalo lupa, lihat postingan tentang yudisium) dan fotokopi KTM. Tips and trick-nya? Datengnya pagi sekalian sebelum jam 8 yaa jam 7.30 udah ngantri gitulah atau habis jam istirahat siang.

Jadi kemarin tanggal 23 Agustus itu, aku dateng pagi, jam 7.30 udah sampe gelanggang. Sebelum masuk ke lapangan basket-futsal-voli-badminton di gelanggang, ambil undangan gladi bersih wisuda, checklist perlengkapan wisudawan, sama peraturan wisudawan untuk prosesi wisuda universitas. Setelah itu antri yang cantik sesuai fakultas masing-masing. Dari meja pertama kamu bakal tanda tangan bukti pengambilan sambil nunjukin form A3 dan checklist yang udah kamu isi, dan setelah itu kamu bakal dapet samir wisuda sesuai fakultas, selempang cumlaude bagi yang cumlaude, undangan wisuda universitas buat orang tua yang diwanti-wanti banget jangan sampe ilang. Di dalem undangan ini bakal tertera duduk di sayap barat atau timur GSP sesuai tempat dudukmu besok pas wisuda, terus ada semacem kupon buat ambil konsumsi yang boleh diambil setelah wisuda selesai di tenda buibu Dharmawanita UGM, dan kertas tempelan Parkir Wisuda UGM buat kamu-kamu yang bawa mobil.

Setelah dapet itu semua, silakan move ke samping buat milih topi dan jubah alias toga. Jubahnya aku minta ukuran S tapi aku masih kelelep gaessss, kayak pake daster. Makanya aku langsung berniat buat nekuk di penjahit. Huhu. Terus topinya juga milih. Tipsnya jangan sampe dapet yang letoy bagian atasnya, dan pilih yang panjang kuncirnya pas, jangan kependekan jangan kepanjangan. Buat cowok, pilih topi yang bener-bener pas di kepala. Kalo buat cewek sih selo, kan nanti bisa dipasin pake jepit atau jarum pentul pas hair do atau hijab. Habis itu… Langsung meluncur ke FISIPOL buat ambil undangan wisuda fakultas plus nanti dapet pin kagama. Kalo buat cowok dapet tambahan dasi kupu-kupu gitu.

Kalo gabisa ambil di hari itu gimana? PERTAMA. Boleh diwakilkan tapi harus pakai surat kuasa bermaterai dan bertanda tangan asli. Atau bisa juga opsi KEDUA. Boleh ambil di H-1 wisuda alias abis gladi bersih gitu deh~ Cuma yaa gitu gak enaknya, dapet sisa-sisa dan gabisa milih sendiri. Makanya kalau bisa ambil sendiri aja udaah biar enak yekan. Soalnya kalo udah ambil sendiri di hari yg ditentukan mah enak, tinggal duduk manis aja, sampai gladi bersih wisuda universitas.

GLADI BERSIH WISUDA

Selanjutnya adalah gladi bersih yang biasanya dilakuin H-1 Wisuda. Karena periode IV ini wisudanya 2 hari yaitu 29 dan 30 Agustus, maka demi hematnya gladi bersih dilakuin sehari di tanggal 28 Agustus 2018. Pas gladi bersih ngapain sih?

Jadi waktu gladi bersih di dalem Grha Sabha Pramana alias GSP kita bakal dapet teks Panca Prasetya Alumni dan teks Hymne Gadjah Mada buat latihan nanti. Biasanya acara dari jam 8 pagi gitu sampe sebelum dzuhur udah kelar. Pertama-tama biasanya ada semacam kayak pembekalan atau talkshow buat carreer gitu, nah sebenernya ini sih yang bikin lama dan bosaaaaaan parah. Habis itu baru lah mulai gladi bersih yang sesungguhnya… Mulai dicek rundown acaranya dan beberapa di-pre-memory juga. Termasuk orang-orang yang dapet IPK tertinggi di tiap fakultas harus siap-siap juga duduk di tempat khusus karena bakal dipanggil ke depan. Ya intinya begitulah.

Nah habis itu… Baru lah dikasih briefing atau pengarahan tentang wisuda. Intinya wisudawan harus dateng jam 6 pagi, orang tua bisa mulai masuk dari jam 6.30, dan hati-hati dengan tukang jualan bunga yang kadang suka maksa dan sampe bohong, bilang kalo ga bawa buket bunga gabole masuk GSP, padahal ya mohonmaap mana ada aturan begitu. Hehe.

Rata-rata abis Gladi Bersih Wisuda di GSP ini beberapa Fakultas lain pada ada Gladi Bersih Wisuda Fakultas, tapi ada juga yang enggak, FISIPOL contohnya. Jadi beberapa orang memanfaatkan waktu habis Gladi Bersih ini buat foto-foto pre-graduation, mumpung kumpul lengkap seangkatan yang pada di wisuda. Begitu. Hehe. Tapi ini ngga wajib loh yaa… Sesuai selera dan keinginan masing-masing. Hehe. Dan sekarang mari melihat bagaimana prosesi wisuda yang sesungguhnya…

WISUDA UNIVERSITAS DI GSP

Jadi… Sebelum wisuda, sebagai seorang wanita, tentu kudu dandan dulu biar paripurnaak~ Jadi aku mulai make up,Β  hair do, dan pake baju pake toga blablabla dari jam 03.30 pagi, sampai akhirnya jam 05.45 pagi itu siap berangkat ke GSP. Alhamdulillah karena masih pagi jadi belom macet-macet banget dan bisa sampai di GSP sekitar jam 06.15an. Tidak apa-apa. Belum telat. Sampe GSP langsung presensi di sayap barat, dapet nomer urut gitu (aku nomer 49) buat nomer kursi, terus langsung cari barisan FISIPOL. Dan ternyata susah sekali bung :’) haha.

Asliik kayak anak ilang… Untung ketemu satu anak HI (idk who’s his name and he didn’t know my name either but we both knew that we’re on FISIPOl, i knew he’s from HI and he knew i’m from Komunikasi) dan ketemu mas Reezky juga anak 2013. Jadilah kita bertiga bersama-sama mencari barisan anak FISIPOL dan ketemu. Udah deh. Kepanasan mulai melanda. Jadi aku sarankan kalian buat membawa satu tas kecil (bisa diumpetin di balik toga juga biar tetep syantiq wkwk) berisi botol air minum kecil (meskipun dilarang makan minum pas wisuda but please panas bgt haus bgt di dalem), kipas, hp + powerbank, dompet, bedak + lipstick (buat touch up), tissue, sama selotip (kegunaannya buat apa? sabar dulu bosqu :p).

Setelah berbaris dengan rapi, sekitar jam 7 lebih (tapi belom nyampe jam 8), ketika semua orang tua dan pendamping wisuda udah masuk GSP semua, akhirnya wisudawan/wati mulai masuk ke GSP dengan berbaris sesuai Fakultas. Pas masuk dikasih CD Biodata alumni yang di belakangnya ada lirik Hymne Gadjah Mada-nya jadi aman lah bagi anda-anda yang tidak hafal muehehehe. Habis itu langsung diarahin buat duduk sesuai nomer yang tadi didapatkan. Kebetulan aku dapet di tengah belakang gitu~ Jadi meskipun sumuk, masih lumayan dapet udara laah.

Rektor dan pejabat kampus masuk, dan akhirnya acara di mulai. Nyanyi Indonesia Raya sama Hymne Gadjah Mada. Terus habis itu… Rektor bakal mewisuda satu lulusan terbaik dengan IPK tertinggi, jadi kalo di UGM cuma doi aja nih yang kucir di toga-nya dipindahin sama rektor. Nah setelah itu dipanggil lah wisudawan/wati peraih IPK tertinggi di tiap-tiap Fakultas sebagai wakil wisudawan, orang-orang ini juga dikasih ijazah sama rektor langsung, tapi kucir di toganya juga mindah sendiri. Nah buat kamu yang penasaran fungsi selotip buat apa, jadi fungsinya adalah buat nyelotip kucir toga biar dia stay di sebelah kanan dan ga pindah-pindah kemana-mana. Brilian bukan? Thanks to suhu Hernio Hoetomo :p wkwk.

Barulah setelah itu semua dipanggil satu-satu buat ambil ijazah yang akan diserahkan oleh dekan masing-masing. Habis itu ngapain? Yaa acara standar lah… Bacain Panca Prasetya Alumni, dengerin sambutan-sambutan dari wakil wisudawan dari rektor dllsb, dan ada hiburan. Nah hiburannya ini yang paling yoiii wkwk. Ada THE DEAN’s BAND! Band-nya dekan-dekan wkwk. Waktu itu nyanyi lagunya Via Vallen – Meraih Bintang sama lagunya Dewa 19 – Kangen. HAYOLOOOH NENG KAMPUSMU DEKAN E NGENE ORA? :p wkwkwk.

Setelah semua acara selesai… Aku janjian di dalem GSP sama Ibuk sama Mas Lutfi buat jalan bareng ke FISIPOL karena habis ini masih ada lanjutan rangkaian wisuda di Fakultas. Di jalan udah dicegat sama anak-anak Swagayugama jugaak yg ngasih bungaa hehe maaci yaa kalian :* Dan let’s move to another section…

WISUDA FAKULTAS DI SELASAR BARAT FISIPOL

Jadi habis dari GSP langsung ke FISIPOL buat wisuda fakultas. Dateng langsung presensi di bagian Komunikasi dan presensi cumlaude (bagi yang cumlaude), orang tua dan pendamping wisuda juga dipersilakan presensi sambil menunjukkan undangan dan nanti dapet nomer tempat duduk. Buat yang cumlaude, tempat duduknya ada namanya gituu urut alfabetis, selain itu bebas asal tetep dalam satu range tiap prodi. Oh satu lagi! Buat yang tidak cumlaude, langsung diarahin buat ambil kenang-kenangan dari FISIPOL yang ada mawarnya cantik ituu huhu baguusss~

Setelah semua kumpul, acara dimulai dengan sambutan dari dekan sekaligus laporan ada berapa wisudawan/wati, berapa yang cumlaude, dllsb. Terus yang cumlaude dipanggil maju dikasih sertifikat sama kenang-kenangan. Terus aku lupa acara apa lagi pokoke cepet kok~ Sambutan-sambutan gitu juga. Teruss abis itu tinggal foto-foto bareng sama dekan-kaprodi-dllsb… Terus makan. Heu heu. Jadi di FISIPOL dikasih makan prasmanan gituu… Sementara itu wisudawan wisudawatinya kabur ke halaman selasar FISIPOL buat menemui teman-teman yang sudah menunggu buat ngasih ucapan selamat dllsb.

WISUDA KELAR. Abis ini acara bebas. Ada yang foto-foto di rektorat. Ada yang memilih langsung pulang. Ada yang milih langsung ke studio foto. Dllsb. Sakbahagiamu. Nah aku memilih buat mampir ke rektorat sebentar terus langsung ke studio foto karena kebetulan waktu itu udah jam 15.00 dan aku booking studionya jam 16.00. Sampe di studio foto… Terus foto-foto… Kelar. Pulang. Sampe rumah jam 17.00. Foto-foto dikit lagi. Terus udah. Intinya wisuda adalah hari foto-foto alias menjadi Tasya Kamila sehari. Jadi kudu tampil paripurnak. Begitulah.

Tak terasa… Postingan kali ini ternyata panjang juga. Dah terlalu males lanjutin ngasih tipsnya wkwk. Semua bisa langsung dicek sendiri aja ada di highlight instagram storiesku namanya Wisuda 101.

Terus buat peraturan baju wisuda dan peraturan selama wisuda kudu kekmana jugaa sebenernya awalnya mau aku tulis… Tapi kok ya banyak banget. Besok dapet kertasnya kok gaes tenang aja :’) Cuma kalo cewek emang pake baju nasional (kebaya, kain/rok gitu, tapi sekarang banyak pake gamis juga gapapa sakbahagiamu) bagi yang berjilbab ujung jilbab dimasukin ke jubah toganya, terus kalo cowok tinggal pake celana item bukan jeans, sepatu pantovel, sama kemeja putih dan dasi kupu-kupu. Terus tambahan bagi yang tidak mau bersentuhan dengan lawan jenis, silakan pake sarung tangan warna putih. Sudah gaes. Begitu saja gaes.

Segini aja yaa gaesss~ Karena hype wisuda juga sudah hilang… Tergantikan dengan mumetnya cari kerja :’)

Thank you buat yang sudah mau membaca seri wisuda ini… Semoga membantu bagi yang butuh gambaran wisuda…

Welcome to the jungle and GOOD LUCK FOR US :*

IMG_1022

Dapet salam dari kenang-kenanganku yang sudah patah :’)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s