0

#18 Selamat Ulang Tahun, Ki Hadjar Dewantara!

Ing ngarsa sung tuladha. Ing madya mangun karsa. Tut wuri handayani.

Ya setidaknya begitulah yang kudengar mengenai pemikiran tokoh Ki Hadjar Dewantara mengenai pendidikan. Hingga akhirnya pemikiran tersebut mengantarkan hari ulang tahunnya sebagai Hari Pendidikan Nasional.

Yap!

Hari ini. 2 Mei. Hari dimana dedek-dedek SMP berjibaku dengan soal ujian nasional. Hari dimana dedek-dedek SMA merayakan kelulusan mereka. Sementara, kakak-kakak mahasiswa sibuk demonstrasi menuntut Transparansi UKT. Gitu sih kata gadis yang kuikuti selama delapan belas hari ini.

Sebagai seorang stalker, aku ingin membuat laporan tentang gadis yang selama ini kuikuti saja lah dari sisi akademis!

Sejak SD hingga SMA katanya Ia tak pernah luput dari juara kelas. Bahkan juara pararel di sekolahnya. Tak jarang mendapat peringkat pertama. Paling jeleknya 10 besar lah ya. Hanya saja waktu SMP, nilai hasil ujian nasionalnya sedikit menyedihkan dimana gadis itu harus terjun bebas di 50 besar dalam satu sekolahan. Iya. Satu sekolahan.

Dari SD, gadis ini adalah gadis yang rajin belajar dan mengerjakan tugas. Rajin bertanya di kelas dan menjawab pertanyaan dari guru di kelas. Pantas saja kalo gadis yang kuikuti ini selalu menjadi anak emas, anak kesayangan guru-guru (dan kadang kepala sekolah) yang dalam bahasa kekiniannya selalu dikategorikan ke dalam “anak-anak ambis”.

Iya. Ambis. Ambisius.

Sampai sekarang sih.

Menurutku gadis ini masih ambisius. Hanya saja, dunia perkuliahan memang menjungkirbalikkan dunia gadis ini. Tidak ada lagi guru-guru yang mengistimewakan anak-anak emasnya. Tidak ada lagi guru-guru yang mengkhawatirkan dan mempedulikan anak-anak kesayangannya.

Jadilah gadis ini kaget.

Gitu sih katanya.

Tapi, kini gadis yang kuikuti sudah semester enam. Sudah tua, bosque. Sudah mulai memahami ritme perkuliahan, meskipun sampai sekarang masih benci sama aksi demonstrasi sampai-sampai gadis ini kadang merasa gagal menjadi mahasiswi FISIPOL. Katanya Ia anak Komunikasi yang nyasar di FISIPOL, harusnya sih FIB. Hehe.

Tapi (lagi), yasudah lah. Namanya juga dunia. Terus berjalan. Terus berputar. Masa SMA sudah lewat. Masa kuliah hampir juga kelar. Doakan saja gadis ini di semester depan bisa skripsi dengan lancar.

AmiinπŸ™

Kalo gitu…

Aku kasih bonus lagi deh!

Katanya gadis yang kuikuti lagi kangen masa SMA jadi foto pake seragam SMA nih! Selamat Hari Pendidikan Nasional & HBD WYATB Ki Hadjar Dewantara:)