Explore Malaysia Part 4: Exploring Melaka! The Historical City of Malaysia

Haai haai! πŸ˜€

Sudah menunggu cerita selanjutnya tentang Explore Malaysia?

Yups! Hari ini aku mau cerita part 4 alias hari keempatku di Malaysia yaitu pada hari Kamis, 1 Desember 2016. So, let’s start the story!

Jadi, di hari Kamis ini rencananya bakal Explore Melaka seharian. Yeps. Literally. S-E-H-A-R-I-A-N. Hehe. Pagi-pagi gitu, Prof Sharif dan istrinya sudah menjemput kami di rumah Kajang. Istri beliau cantik dan keibuan banget (jadi tau kan Firdaus gantengnya dr mana #lho wkw), sayangnya kesehatan beliau emang kurang baik khususnya di bagian pengelihatan. Sedih ya, padahal beliau baik banget lho:’) Oiya, beliau ikut karena bakal jadi β€˜navigator’ di mobil Honda Accord yang memang milik beliau yang bakal disetirin sama Bu Novi. Sementara aku, Nadya dan Mbak Ratna bakal ikut mobilnya Prof Sharif bareng sama Pak Puji, Kaprodinya Sastra Indonesia FIB.

Di perjalanan yang sangaaaaaaaaaaat jauh ini, sepanjang jalan kami mendengarkan kuliah gratis dari Prof Sharif πŸ˜€ hehe. Lumayan kan nambah ilmu dan sharing-sharing juga tentang kebudayaan dan sastra, bahkan mlipir sampe sosial dan politik juga which is ranahku juga. Sempat nanya-nanya juga tentang gimana perkuliahan Komunikasi di FBMK UPM. Pokoknya banyaaak banget yang diobrolin di jalan, sampe-sampe gak kerasa udah sampe di Melaka. Yuhu! Tujuan kami hari itu adalah Porta De Santiago dan Istana Kesultanan Melaka. Nah cari parkirnya sampe harus pusing-pusing berkali-kali dan ngelewatin Jonker Walk juga~ Ngelewatin aja sih. Hehe.

20161201_120713

Tembok merah Jonker Walk yang super hitz yang sayangnya cuma dilewatin gitu aja:’)

Terus setelah perjalanan dan muter-muter nyari parkiran, akhirnya jam 12an siang gitu nyampe lah di tempat yang bisa buat parkir dan karena laper yekan udah siang akhirnya makan di Dataran Pahlawan Melaka Megamall. Kalo orang-orang tua pada makan yang agak *uhuk* mahal gitu, sebagai mahasiswa penghemat budget kami makan di KFC aja. Bahkan aku bahagiaaaa banget akhirnya nemu KFC di Malaysia huhu:’) Soalnyaa sumpah yaaaa gengs KFC Malaysia membahagiakan banget lah pokoknya! Cuma dengan 7,5RM atau kalo dirupiahin sekitar 24ribuan aja udah bisa dapet nasi lemak yang enak dan banyak itu, sepotong ayam yang lumayan gede, terus pepsi, terus dapet salad sayur jugak. BAYANGIN DEH dapet salad sayur :’) Di Indonesia? Segitu mana dapet :”))

20161201_124630

KFC Malaysia yang amat sangat kurindukan :’)

Selesai makan, rencananya mau langsung cus yekaan ke destinasi wisatanya. Tapi ujan deres banget:’) Akhirnya sambil nunggu ujan kita belanja dulu di Heritage Gallery. Semacam pusat oleh-oleh gitu tapi kayak Pasar Beringharjo gitu. Atau kalau di Palembang kayak Pasar 16 Ilir kalo pernah kesana. Yah semacem itu deh. Hehe. Karena orang-orang pake bahasa Melayu juga yakan jadi aku bayanginnya lebih kayak Pasar 16 Ilir di Palembang. Wkwkwk.

Karena parno ga mampir tempat oleh-oleh (lagi) akhirnya aku belanja aja deh sekalian di Heritage Gallery. Cari kaos Melaka gitu buat aku, adekku, mas Fendy, Qiqi, Mega Pistia sama Tasha. Akhirnya 6 kaos itu dapet seharga 95RM setelah menawar dengan babibu tralala trilili dan mengeluarkan semua jurus andalan dan rayuan. Wahaha. Tetep agak mahal sih. Cuma emang kualitasnya termasuk bagus buat ukuran kaos oleh-oleh gitu. Bahannya adem, warnanya bagus. Njuk aku kudu piye wis nek ngono? :’)

Selain beli kaos, nyicil beli gantungan kunci Melaka lagi hehe. Kali ini beli 24 pcs (soalnya direnteng 6-6 gitu) dan aku menghabiskan uang 32 RM. Eh tapi ini gak semua gantungan kunci yang versi bagus itu loh ya. Ada selusin yang versi ala-ala gitu murah banget pokoknya wkw. Kayaknya yg selusin itu 12RM terus yang direnteng 6-6 itu satunya 10RM (dari semua dia jual 12RM). Aku mulai lelah menawar kayaknya:’) Tapi setelah dihitung-hitung, jatuhnya sebelas duabelas juga sama di Mydin kemarin. Hadeu~ All hail kemampuan menawar princess!

Karena hujan sudah reda, akhirnya kembali jalan-jalan! Hahay:D Sampailah di sebuah pelataran yang menghubungkan banyak banget museum dan tempat bersejarah lainnya. Sekitar jam 2-3an sore kita jalan-jalan ke Porta De Santiago (A Famosa Fortress) dan juga ke Istana Kesultanan Melaka. Ohiya waktu naik ke Porta De Santiago, akhirnya kepincut beli oleh-oleh lagi wkw. Tapi beberapa dari kami memprioritaskan oleh-oleh yang patungan gitu yang buat barengan berbanyak, kayak pajangan buat Bu Ningβ€”guru kami di Swagayugama, ya gitu-gitu deh. Tapi akhirnya aku tetep kepencut sama gantungan kunci (lagi) karena emang orang-orang yang seharusnya kukasih karena kutinggali berbagai pekerjaan di Jogja itu banyak banget:’) Dan the only oleh-oleh yang affordable itu gantungan kunci jadi yaudah:’) hehe. Pokoknya gantungan kunci 12 pcs dan juga pembatas buku tulisannya Melaka ada bonekanya pake pakaian tradisional lucu banget gitu ada 12 pcs juga totalnya 30RM. Wihiw! So happy! Ahahaha~ Penjualnya juga menyenangkan karena begitu tau kita dari Indonesia terutama dari Jogja langsung deh ramah banget. Gaenak kalo gajadi beli. Wahahaha.

Selfie berjamaah di ‘pelataran’ Memorial Kemerdekaan Melaka plus foto di depan Porta De Santiago, itu meriam ada di depan benteng gitu gais~

Setelah naik dengan begitu ngos-ngosan, akhirnya! Sampai juga di atas Porta De Santiago! Bisa lihat pemandangan Melaka dari atas dan ini bagus banget:’) Nggak sia-sia ngos-ngosan naiknya. Wahahaha. Setelah naik dan puas foto-foto, akhirnya kita turun lagi karena mau masuk ke Istana Kesultanan Melaka. Bangunannya ya rumah adat Melayu gitu tapi gedeeee banget. Saking amazed-nya lupa foto isi koleksinya. Wkwk. Yang jelas ya kayak museum pada umumnya, ada diorama-diorama, replika baju adat, terus senjata-senjata, arsip-arsip, prasasti, bahkan sampe nisannya Tun Teja juga ada. Hehe. Oh iya, lucunya nih si Nadya masuk sini bayarnya 3RM doang sementara aku suruh bayar 5RM. Wkwk. Kayaknya Nadya dikira orang Malaysia deh:’) Wkwk. Gapapa lah yaa 5 ringgit doang, masih 15ribuan ini juga~ wkw. Museum-nya luas dan homey banget sumpah. Adem gitu… Aku sampe ndlosor di lantai 3 ngitung duit gitu rasanya pewe banget coba:’) Bikin mager. Wahahaha.

Memandang alam Melaka dari atas bukit Porta De Santiago :’D

Istana Kesultanan Melaka dan segala isinya :’D

Karcis 5 ringgitku :’D

Sebenernya sih jam 5an udah selesai ngunjungin Istana Kesultanan Melaka-nya. Cuma karena ujan deres banget jadi aku, Nadya sama Bu Novi sama Prof Sharif kejebak di shelter. Bu Wira, istrinya Prof Sharifβ€”yang selanjutnya saya panggil Ibu karena beliau keibuan bangetβ€”terus mbak Ratna sama Zakiy kejebak di musholla Heritage Gallery. Sementara Pak Puji dan Pak Rahmat masih kejebak di museum-museum sekitaran sana. Kelar ujan, masih nunggu semuanya ngumpul, nah sambil gabut akhirnya foto-foto deh di spot lucuk deket sana. Hehe.

Spot lucuk yang kubilang, dan nemu tulisan Don’t Mess With Melaka yang hingga kini saya tak paham maksudnya apa:’)

Anyway, karena sudah semakin sore akhirnya jam 6an gitu kita pulang ke Kajang. Kali ini, Ibu minta semobil sama Prof Sharif karena kondisinya agak engga fit. Akhirnya jam-jam setelah maghrib gitu, sekitar jam 7an waktu Malaysia, kita istirahat di rest area-nya Tol Ayer Keroh. Karena antara laper-laper nggak laper gitu, akhirnya aku cuma jajan burger harganya 3RM sama teh o ais harganya 1,2RM. Hyak anggap saja ini adalah makan malam saya:’) Terus iseng kan ke semacem minimarketnya gitu. Ternyata banyak oleh-oleh berupa makanan juga. Hehe. Dan yangΒ  paling menggoda adalah… DODOL DURIAN! Beuh. Apalagi durian Melaka itu enak banget. Akhirnya beli deh buat oleh-oleh sekalian. 5 pcs dodol durian seharga 3,9RM dan 4pcs manisan mangga yang katanya Nadya enak banget (dan ternyata emang enak banget setelah kucobain dan budhe-budheku suka ahahaha) seharga 6,9RM dan aku juga jajan permen karet seharga 1,2RM jadi total di Kikiba Convenience Shop itu aku abis duit 48,3RM. Hehe.

Akhirnya karena udah malem banget, udah jam 8an gitu kita pulang ke Kajang full speed. Prof Sharif bawa mobilnya sampe 180km/jam coba. Untung yang di dalem mobil gantian si Zakiy. Di sepanjang jalan, ibu muter surat Al-Kahfi coba. Bikin adem perjalanan banget:’) Beliau juga nanya-nanyain tentang sekolah kami kan. Terus aku cerita tentang kuliahku di Komunikasi yang dapet beasiswa dan juga pekerjaan part time siaran dan macem-macem. Sampai akhirnya, begitu udah masuk Bangi lagi Ibu ngasih kami kenang-kenangan. Gantungan kunci buat mba Ratna dan Nadya. Duit buat Zakiy karena sepertinya Ibu bingung atau gasempat beli apa. Dan buat aku ada bross yang biasa dipakai buat jilbaban gitu. Ya Allah Ibu:’) Apa kah ini pertanda saya mau dipek mantu jika saya berhijab? #eaa wkwk.

20161201_211043

Bross dari Ibuk :’)

Akhirnya, jam 10 malem kita baru touchdown rumah di Taman Bangi, Kajang. Ibu yang sebenernya kondisinya nggak begitu fit memaksakan diri buat turun dan melepas kita karena besok Jumat Ibu harus ke Johor sama Firdaus. Padahal, katanya beliau ingin banget ngantar kita ke Bandara juga di hari Sabtunya. Ah betapa baiknya keluarga ini pada kami:’)

Pas turun, aku cium tangan kan ke ibu sambil bilang terima kasih dan maaf banyak merepotkan. Tiba-tiba, sama Ibu dipeluk dan dielus-elus rambutnya sambil berkata, β€œIni Wita kah yang dapat beasiswa itu? Subhanallah. Yang rajin ye nak kuliahnya,” aku hanya bisa menjawab β€œIya, Ibu… Amiin doakan semoga kuliah saya lancar,” terus tiba-tiba beliau berkata β€œSubhanallah… Tudungnya mana nak?” dan aku hanya bisa menjawab β€œIya, Ibu. InshaAllah secepatnya,” hehe. Ditanyain kerudung:’) FIX LAH INI MAH. Kandidat terkuat calon mantu sih sebenernya aku, cuma ya gitu nunggu aku jilbaban dulu~ wuakakakaka :’D

Huah!

Hari itu bener-bener spesial banget deh. Seneng bisa kenal Ibu yang begitu baik hati dan keibuan. Sehat-sehat terus ya, Ibu… Semoga jumpa di lain waktu:)

Dan…

Buat kamu yang penasaran sama hari kelima di Malaysia… Tunggu yah! Explore Malaysia Part 5 soon! πŸ˜‰

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s