D-23: Discusso Ergo Sum

Cogito ergo sum – aku berpikir maka aku ada

Jiwa ini kemudian dilanjutkan dengan

Scribo ergo sum – aku menulis maka aku ada~

Namun… Bagiku hal terpenting adalah proses diantaranya. Diskusi.

Yap.
Diskusi adalah proses yang menjembatani antara cogito dan scribo. Ketika seseorang hanya berpikir, Ia tak akan mampu menuliskan apapun tanpa melalui diskusi.

Pikiran selamanya hanya akan di dalam kepala, tanpa ada hasrat untuk mendiskusikannya.
Ada baiknya semua gagasan didiskusikan baru kemudian dituliskan. Setidaknya ketika sesuatu sudah didiskusikan akan meminimalisir kontroversi kan? Karena setidaknya kita sudah mampu memetakan mana saja yang setuju dengan pemikiran kita dan mana saja yang tidak setuju dengan argumen kita.

Jika ada orang yang berkata…
“Aku tak punya kawan diskusi”
“Tanpa diskusi pun aku bisa menuliskan gagasanku”

Nonsense.

Setidaknya, seseorang akan berdiskusi dengan dirinya sendiri. Mempertanyakan pada diri sendiri mengenai gagasannya. Menimbang dan memilah sebaiknya diksi apa yang lebih tepat digunakan. Berdialog dan berdiskusi dengan diri sendiri tak masalah kok. Kan itu komunikasi intra-personal?

Bagiku, diskusi memang suatu hal yang sangat penting dan sangat menyenangkan. That’s why dari jaman SMA sampai sekarang kuliah aku selalu punya teman diskusi yang emang special designed for discussion gak cuma ngegosip doang. Makanya kebanyakan partner diskusiku adalah laki-laki yang gak terlalu seneng nyinyirin orang. We can discuss everything. Politik, sosial, budaya, sejarah, agama, dan sebagainya.

Bahkan, bagiku diskusi punya satu kelebihan. Diskusi memungkinkan banjiran informasi dan gagasan. Diskusi memungkinkan sekali untuk membicarakan hal-hal top secret yang bakalan bahaya banget kalau diutarakan dalam bentuk tulisan, kayak tadi nih aku lagi diskusi tentang internal problem di Kraton and it’s so fun. Having so many new insights and knowledges.

Bagiku, eksistensi seseorang muncul ketika dia berbicara, terlibat dalam dialog, berdiskusi.
So
Cogito and Scribo means a lot.
But for me

“DISCUSSO ERGO SUM”

Hehehe
*btw itu istilah gawe-gawe dari aku karena aku gatau bahasa latinnya diskusi itu apa huft*

Tinggalkan Balasan

