[Review Film] Secretly, Greatly: Komedi, Aksi dan Tragedi dalam Satu Kisah Fiksi

Secretly.Greatly.2013

Judul film: 은밀하게 위대하게 (Eunmilhage Widaehage); Secretly, Greatly (English title) | Sutradara: Jang Cheol-Soo | Penulis naskah: Hun (komik), Kim Bang-Hyun, Yoon Hong-Gi | Produser: Kim Young-Min | Sinematografer: Choi Sang-Ho | Tanggal rilis: 5 Juni 2013 | Durasi: 124 menit | Genre: action, komedi | Pemain: Kim Soo-Hyun sebagai Won Ryu-Hwan/Bang Dong-Gu, Park Ki-Woong sebagai Lee Hae-Rang, Lee Hyun-Woo sebagai Lee Hae-Jin

 

“Aku ingin terlahir di keluarga biasa di negara biasa.”

            Won Ryu-Hwan (Kim Soo-Hyun) adalah ketua tim satuan khusus 5446 yang ditugaskan oleh Korea Utara untuk menjadi mata-mata di Korea Selatan. Sembari menunggu misinya, Ryu-Hwan harus menyamar sebagai orang bodoh bernama Bang Dong-Gu. Sudah dua tahun menyamar, namun tak ada perintah apapun.  Ia takut negaranya telah melupakannya.

            Tiba-tiba datang dua mata-mata lainnya yang menjadi tetangga Dong-Gu yaitu Lee Hae-Rang (Park Ki-Woong) yang menyamar sebagai rocker yang tak bisa bermain gitar dan Lee Hae-Jin (Lee Hyun-Woo) yang menyamar sebagai anak SMA. Meski Dong-Gu sempat bingung dengan kehadiran Hae-Rang dan Hae-Jin, lama-lama mereka nyaman tinggal di desa kecil di pinggiran Korea Selatan itu.

            Namun, datanglah sebuah misi mengejutkan. Perubahan kekuasaan di Korea Utara membuat mata-mata yang disusupkan di Korea Selatan harus saling membunuh atau bunuh diri. Kehidupan bahagia ketiga mata-mata ini berubah 180o. Akankah mereka mengikuti perintah negaranya?

            Secretly, Greatly, film yang didasarkan pada komik Convertness karangan Hun ini berhasil menjual 498,284 tiket pada hari pertama dirilis seperti yang disebutkan dalam Asianwiki. Selanjutnya, seperti dilansir pada dreamersradio.com, film ini berhasil mencetak rekor baru, meraup satu juta penonton dalam dua hari, dan menjadi box office di Korea Selatan. Gila nggak sih?

            Sebenarnya, tak terlalu mengherankan jika film ini menjadi box office. Agaknya salah satu faktor film ini meraih box office adalah dengan adanya Kim Soo-Hyun sebagai pemeran utama. Pasalnya, Kim Soo-Hyun memang memiliki akting yang sangat bagus. Ia dapat memerankan Dong-Gu yang idiot dan cepat mengubah ekspresi wajah saat harus bertugas menjadi mata-mata, lalu cepat mengubah ekspresi idiot lagi saat ada orang Korea Selatan yang melihatnya. Selain itu, Soo-Hyun yang dikenal sebagai anak SMA bertalenta di drama Dream High cepat mengubah image menjadi raja Joseon dalam drama The Moon Embrace The Sun dan kini dapat mengubah image lagi menjadi seorang mata-mata Korea Utara dalam Secretly Greatly.

            Nama Park Ki-Woong yang pernah bermain dalam drama Good Doctor (2013) dan Full House Take 2 (2012) juga meningkatkan popularitas film ini. Peran Park Ki-Woong sebagai rocker wannabe di film ini begitu apik dan karakternya cukup pas untuk memerankan badboy ala Korea Selatan dan anak jendral menyebalkan ala Korea Utara. Akting dan popularitas Lee Hyun-Woo juga tak dapat diremehkan. Aktor yang memperoleh Best New Actor (Secretly Greatly) pada Blue Dragon Film Awards 2013 dan Buil Film Awards 2013 ini juga ‘pemain lama’ dalam dunia peran di Korea Selatan dengan serial drama To The Beautiful You (2012), God of Study (2010), dan Queen Seon Deok (2009). Wajah baby-face milik Lee Hyun-Woo sangat mendukung penyamarannya sebagai anak SMA.

               Selain itu, meski Hyun-Woo dan Soo-Hyun sama-sama memiliki wajah awet muda dan bisa dibilang Hyun-Woo adalah sunbae Soo-Hyun di dunia peran Korea Selatan, bagiku mereka berdua mendapat chemistry yang pas sebagai “kakak-adik” dengan Soo-Hyun sebagai “kakak” dan Hyun-Woo sebagai “adik”. Ini membuktikan kualitas akting mereka yang bukan abal-abal.

            Dari segi ide cerita, cerita tentang ketegangan dua negara bersaudara Korea memang selalu menarik untuk diangkat. Namun, harus diingat bahwa kisah ini 100% fiksi yang diangkat dari sebuah komik. Selain itu, nuansa komedi yang disuguhkan di awal cerita sangat menghibur. Penonton juga akan dibuat tercengang dengan aksi tembak menembak dan berkelahi dari Soo-Hyun, Hae-Rang, dan Hyun-Woo.

            Secretly Greatly juga bukanlah film tanpa cela. Tak dapat dipungkiri bahwa alurnya sangat lambat di awal dan terasa begitu cepat di bagian tengah menuju akhir, terutama setelah kedatangan Hae-Rang dan Hae-Jin. Namun, hal ini dapat dimaafkan, mengingat introduksi karakter lain di awal cerita juga sangat diperlukan untuk membangun emosi penonton.

            Meski kental nuansa komedi, aksi, dan tragedi, terdapat pula beberapa scene di bagian akhir yang mampu membuat penonton terharu. Bahkan, saya membutuhkan berlembar-lembar tissue untuk menghapus air mata saya saat menonton scene bagian akhir film ini. Sehingga, Secretly Greatly dapat pula disebut sebagai film yang kaya emosi. Cukup disayangkan jika IMDb hanya memberi rating 6,8 dari 10 (IMDb.com, 2013). Padahal, menurut saya, film ini setidaknya mendapat rating 8,5 dari 10.

 

Daftar Pustaka

Asianwiki.com. (2013). “Secretly Greatly” diakses dari http://asianwiki.com/Secretly_Greatly terarsip pada tahun 2013. Diakses pada Jumat, 26 Desember 2014 pukul 21:10 WIB

____________. (2014). “Park Ki-Woong” diakses dari http://asianwiki.com/Park_Ki-Woong terarsip pada tahun 2014. Diakses pada Jumat, 26 Desember 2014 pukul 22:13 WIB

Dreamersradio.com. (2013). “Film Kim Soo Hyun ‘Secretly Greatly’ Rajai Box Office Korea” diakses dari http://www.dreamersradio.com/article/19739/film-kim-soo-hyun-secretly-amp-greatly-rajai-box-office-korea terarsip pada Selasa, 11 Juni 2013. Diakses pada Jumat, 26 Desember 2014 pukul 21:16 WIB

Wowkeren.com. (2014). “Biografi Kim Soo Hyun” diakses dari http://www.wowkeren.com/seleb/kim_soo_hyun/bio.html. Diakses pada Jumat, 26 Desember 2014 pukul 22:03 WIB.

Wiki.d-addicts.com. (2014). “Lee Hyun Woo (1993)” diakses dari http://wiki.d-addicts.com/Lee_Hyun_Woo_%281993%29. Diakses pada Jumat, 26 Desember 2014 pukul 22:21 WIB

IMDb.com. (2013). “Eun-mil-ha-gae Eui-dae-ha-gae” diakses dari http://www.imdb.com/title/tt2967578/ terarsip pada 2013. Diakses pada Sabtu, 27 Desember 2014 pukul 10:10 WIB

Iklan

3 thoughts on “[Review Film] Secretly, Greatly: Komedi, Aksi dan Tragedi dalam Satu Kisah Fiksi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s