Sejarah Tari Klasik Gaya Yogyakarta: Periode Pemerintahan Sri Sultan Hamengku Buwono I sampai IX

Selamat Pagi!

 

Setelah posting baper kemarin, saya kembali dengan posting yang insyaAllah bermanfaat bagi umat.

Semua berawal dari take home exam UTS mata kuliah Sejarah Sosial Politik Indonesia di jurusan saya, Komunikasi UGM. Dosen pengampu mata kuliah tersebut, Cak Budhy Komarul Zaman, meminta mahasiswa semester 1 macam saya ini untuk menuliskan sejarah apa saja terserah yang penting berkaitan dengan Indonesia dengan periodesasi mulai dari masa prasejarah hingga era Orde Baru. Kalau saya tidak salah dengar juga, beliau berpesan agar sejarah yang kami tulis merupakan hal-hal yang dekat dengan kami. Kemudian, terpikirlah saya untuk menulis sejarah tari klasik gaya Yogyakarta mulai dari masa pemerintahan Sri Sultan Hamengku Buwono I sampai dengan masa Sri Sultan Hamengku Buwono IX.

Mengapa saya menulis hal tersebut?

Pertama, tari, khususnya tari klasik gaya Yogyakarta merupakan sebagian dari kehidupan saya. Sejak kecil saya sudah mempelajarinya, dan bisa dibilang keluarga saya hidup dari ini.

Kedua, setelah saya mencari kesana kemari di internet, belum ada orang yang mem-publish sejarah tari klasik gaya Yogyakarta pada masa pemerintahan Sri Sultan Hamengku Buwono I sampai IX dengan runtut. Sementara, banyak orang yang saya yakin membutuhkan informasi ini.

Dari kedua alasan tersebut, maka saya memutuskan menuliskan sejarah ini disertai sumber-sumber sahih, salah satunya adalah buku Mengenal Tari Klasik Gaya Yogyakarta yang diterbitkan Dewan Kesenian Provinsi DIY yang berisi banyak pidato maupun tulisan pakar-pakar tari klasik gaya Yogyakarta seperti GBPH Suryobrongto, RM Wisnoe Wardhana, dan sebagainya.

Jadi, selamat menikmati sejarah Joged Mataram dengan membacanya dari paper berikut. Terima kasih 🙂

Sejarah Tari Klasik Gaya Yogyakarta Periode Pemerintahan Sri Sultan Hamengku Buwono I sampai Sri Sultan Hamengku Buwono IX

Viva la historia! 🙂

Salam budaya! 🙂

Tinggalkan Balasan

