Sejarah Nama Erwita Danu Gondohutami

“Erwita Danu Gondohutami”

Nama itu adalah nama yang sudah melekat pada diriku selama 18 tahun ini. Sejujurnya, aku kadang protes dengan nama itu terutama “Danu” dan “Gondo” yang sempat kuanggap nggak banget. Beberapa guru pun ada yang dengan menyebalkannya mengira aku ini laki-laki melihat kata “Danu” dan “Gondo” yang menempel di antara “Erwita” dan “Hutami” yang manis. Bahkan, hingga kini ada satu guru mata pelajaran TI dan satu guru Biologi di SMAN 7 Yogyakarta yang dengan bangga memanggil saya “Gondo”. Setiap kali perkenalan, aku selalu menyebutkan dengan lantang nama Erwita lalu melirihkan dan menambah speed berbicara ketika menyebut nama Danu dan kembali normal saat menyebut Gondohutami. Alasannya simpel, malu dengan nama yang terkesan jadul banget.

Sejarah dimulai ketika aku lahir hari Senin, 9 Juni 1996. Aku lahir jauh di seberang pulau Jawa, di suatu kota yang asing di telinga masyarakat Yogyakarta namun sangat terkenal di Kalimantan sana, Balikpapan. Dulu, waktu aku SD, SMP, bahkan sampai SMA masih ada orang yang bertanya “Balikpapan itu dimana sih, Wit?” Batinku… “Hello~ Kamu gak tahu kota Balikpapan? Kota dengan kilang minyak yang super besar dan banyak di Kalimantan Timur? Kemana aja kamu? Jangan-jangan kamu nggak kenal Pertamina juga…” Begitu kira-kira gerutuanku dalam hati.

Balikpapan, Kalimantan Timur termasuk dalam zona waktu Indonesia bagian tengah (WITA) alias GMT +8. Jadi, tahu kan asal nama Wita? Selain itu, nama “Wita” dalam bahasa Jawa berarti kekayaan, dan dalam bahasa Sansekerta berarti berharga. Jadi Wita adalah kekayaan yang berharga. Hahay 😀

Untuk nama Erwita sendiri, itu merupakan gabungan dari kata Er dan Wita. Er atau her adalah kata dalam bahasa Jawa yang berarti air. Sementara, kata Ibuku, Wita yang dipakai adalah Wita karena Waktu Indonesia bagian Tengah. Jadi, Ibuku ingin aku menjadi seperti air di daerah Waktu Indonesia Bagian Tengah (Balikpapan, Kalimantan, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi) yang notabene memiliki kesulitan dengan air. Di sana, air harganya sangat mahal, sehingga air sangat berharga. So, arti nama Erwita dengan Wita klop kan? Berharga.

Next adalah Danu. Sejarahnya, nama Danu ini adalah nama eyang buyutku. Aku tak pernah mengetahui apa artinya sampai hari ini aku browsing dan sialnya nama ini memang benar-benar nama laki-laki ._. Namun, alhamdulillah nama Danu yang berasal dari bahasa Jawa berarti cahaya.

Untuk nama Gondo, ini juga nama eyang buyutku. Dan orang yang bertanggung jawab menyematkan nama Danu dan Gondo ini adalah Bapakku. Kalau kata orang-orang Jawa dan orang tua, nama Gondo berasal pula dari bahasa Jawa yang artinya adalah ambu alias aroma. Mungkin, maksud orang tuaku adalah biar kelak aku jadi seperti Ibu Kartini yang harum namanya #halah :p Doa mereka mungkin agar aku kelak tak hanya meninggalkan nama, namun juga bekas yang harum dan mewangi #tsaah

Sedang untuk nama Hutami, ini diambilkan dari nama eyang kakungku dari Ibu, Raden Radjijo Wignjohoetomo. Nah, berhubung Ibuku masih sadar sepenuhnya bahwa aku ini anak perempuan jadilah ‘hoetomo’ dalam nama eyangku dibuat nama perempuan menjadi ‘hutami’. Arti namanya? Jelas sekali bahwa hutami berarti yang utama atau yang terpenting.

Jadi…

Apa sih arti namaku?

Erwita Danu Gondohutami…

Air yang berharga dan menjadi pelita serta menebar aroma kebaikan di bumi.

Keren kan?

Semoga, aku bisa menjadi seperti yang diharapkan…

Seperti air yang berharga, memiliki banyak kekayaan, menjadi cahaya, mampu menjadi orang yang harum namanya, dan melakukan berbagai keutamaan / kebaikan di dunia ini.

Aamiin 🙂

 

P.S.

Sekarang, aku bangga dengan namaku sendiri 😀 Anyway, banyak yang bilang namaku Njawani banget. Yes. That’s right. Karena meski numpang lahir di Balikpapan, saya orang Jawa tulen brooo 😀

Tinggalkan Balasan

