Ikatan

Aku kecil…

Di dunia ini, aku lah yang terkecil…

Pun dirimu yang tak besar

Karena kita hanyalah partikel di hadapan-Nya

 

Sungguh tak stabil bila kusendiri

Tak kubentuk aturan duplet maupun oktet

Karena aku bukan unsur gas mulia

Yang tak peduli meski harus sendiri

 

Aku ingin berikatan kovalen denganmu

Tak perlu kovalen polar yang berpasangan elektron bebas

Cukuplah kovalen non-polar hingga tiada pasangan elektron menari

Hingga tiada muatan kecil yang bereaksi

 

Aku ingin berikatan kovalen denganmu

Bukan kovalen koordinat yang hanya memberikan tanpa menerima

Bukan kovalen koordinat yang hanya menerima tanpa memberikan

Bukan kovalen koordinat yang bertepuk sebelah tangan

 

Aku ingin berikatan kovalen denganmu

Tak seperti ikatan ion yang hanya saling serah terima

Namun kita lah kovalen yang saling menggunakan bersama

 

Aku ingin berikatan kovalen denganmu

Tak perlu ikatan hidrogen yang bertitik didih tinggi

Meski ia ikatan kimia terkuat yang kita punya

Pun ia mudah berikatan dengan FON lainnya…

 

Karena aku bukanlah golongan satu A

Dan kau bukanlah golongan tujuh A

Karena aku bukanlah golongan dua A

Dan kau bukanlah golongan enam A

Karena aku bukanlah Hidrogen

Dan kau bukan salah satu dari FON

 

Karena aku hanyalah setitik partikel kecil…

Yang hanya ingin berikatan denganmu…

Yogyakarta, 13 Maret 2014

Erwita D. Hutami

Tinggalkan Balasan

