0

Gugon Tuhon: Lestarikan atau Hentikan?

Mungkin tak banyak orang yang mengetahui istilah gugon tuhon. Menurut web Perilaku dan Pitutur Ala Jawa milik Iwan Muljono, kata gugon tuhon berasal dari kata ‘gugu’ yang berarti menurut, mengikuti pendapat atau nasihat, dan ‘tuhu’ yang berarti setia. Dengan demikian pengertian “gugon tuhon” adalah mengikuti dengan setia dan tanpa reserve. Pada umumnya nasihat dalam gugon tuhon bersifat wewaler atau larangan.

Baca lebih lanjut

Iklan
0

Desa Wisata Budaya Grogol: Terus Maju Tanpa Melupakan Masa Lalu

Berbicara mengenai Desa Wisata Budaya Grogol mungkin masih sedikit asing di telinga karena desa wisata ini terbilang cukup baru. Berawal dari pencanangan desa wisata oleh Pemerintah Kabupaten Sleman di tahun 2001, desa wisata Grogol terus mengalami perkembangan dan perbaikan baik secara infrastruktur maupun materi sebagai desa wisata.

Baca lebih lanjut

0

Outbond dan Pelantikan Padakacarma: Silaturahmi di Desa Grogol

Sabtu, 28 Desember 2013 bertepatan dengan penerimaan rapor bagi sebagian besar siswa SMA di Yogyakarta, kru Kaca dan Padakacarma menggelar kegiatan outbond sekaligus pelantikan pengurus baru Padakacarma. Pukul 07.00 dua rombongan bus berangkat dari kantor SKH Kedaulatan Rakyat Jalan P Mangkubumi menuju Desa Wisata Budaya Grogol, Margodadi, Seyegan, Sleman.

Di Desa Wisata Grogol, rombongan disambut oleh jamu beras kencur dan kunir asem sebagai welcome drink, dilanjutkan oleh sambutan Kepala Dukuh Grogol. Setelah sambutan, outbond pun dimulai. Ada beberapa permainan yang bisa dinikmati diantaranya jembatan bergoyang, bermain di lumpur, kolam besar dengan air dari Tuk Sibedug yang dipercaya merupakan tinggalan Sunan Kalijaga, dan menyusuri sungai dengan ban (river tubing).

Usai outbond, acara inti yaitu pelantikan pengurus baru Padakacarma dimulai. Ketua umum lama menyerahkan kaos hitam ‘Pengejar Deadline’ kepada ketua umum yang baru sebagai simbolisasi serah terima jabatan. Setelah itu diberikan presentasi singkat mengenai Desa Wisata Budaya Grogol oleh Danang Cahyo Nugroho, salah satu pengurus desa wisata tersebut. Outbond dan pelantikan yang diikuti sekitar 65 peserta dari Kaca angkatan 1 hingga calon Kaca angkatan 23 ini berjalan lancar dan berakhir pukul 17.30.

(Erwita Danu Gondohutami)

0

Lagi Beda Keyakinan

UAS alias Ujian Akhir Semester. Materi numpuk, waktu yang bisa dibilang nggak cukup dan banyak faktor yang mungkin membuat kita nggak siap. Tapi, siap nggak siap UAS udah dijadwalkan, mau nggak mau kita harus melewatinya. Bahkan sampai sekarang sudah masuk hari ke-5.

Banyak dari kita yang mungkin udah tau sebagian hasil UAS beberapa mata pelajaran. Dan mungkin tak banyak memuaskan, justru cenderung mengecewakan. Nggak cuma kamu, aku juga. Kita mungkin sama-sama dalam posisi yang tak mengenakkan. Kelas 12, UNAS di depan mata, eh UAS aja nilai nggak mencapai target. Sedih?

Kalau kamu yang jawab nggak sedih, pasti ada sesuatu yang salah di kepala kamu. Mungkin kamu lelah~ Tapi buat kamu yang menjawab iya atau sedih, itu wajar. Hanya saja, jangan biarkan sedihmu berkepanjangan. Ingat, masih ada 2 hari lagi alias 4 mata pelajaran yang masih diujikan.

Kalau dari sudut pandangku, mungkin kita sama guru-guru lagi beda keyakinan aja. Guru-guru yakin kalau kita bisa, kitanya nggak yakin pas ngerjain ujian. Atau kalau kamu yakin ngerjain ujian, Tuhannya nggak yakin mau ngelurusin jawaban kamu karena mungkin kamunya kurang ibadah dan sedekah (?) Contohnya aku, kemarin pas Kimia aja udah mau ngejawab bener eh sama Sang Pemilik Hati dibelokin jadi salah.. Mungkin aku kurang berdoa :’) Atau mungkin juga kamu kurang usaha…

Mungkin guru-guru yakin soal yang beliau bikin bisa kita kerjakan, cukup mudah untuk kita pahami maksudnya, dan sejuta keyakinan lainnya. Tapi, ketika hasilnya menunjukkan yang sebaliknya? Ya… Mungkin itu tadi, lagi beda keyakinan aja…

So. For the next step, kita HARUS menyamakan keyakinan sama guru-guru kita. Kalau beliau-beliau yakin kita bisa, harusnya kita emang bisa! Kita harus yakin juga sama soal, sama guru kita, dan sama kemampuan kita.

Semangat, Seveners 014! Masih ada 2 hari lagi yang perlu diperjuangkan!

Ini. Tahun. Terakhir. Kita.
Jangan. Disia-siakan 🙂