The Da Vinci Code: Kode Misterius Da Vinci yang (Akan) Mengubah Sejarah!

Ini nih Bukunya The Da Vinci Code

Penulis: Dan Brown

Penerbit: Diterjemahkan oleh PT. Serambi Ilmu Semesta, 2006

Halaman: 664 hal

            The Da Vinci Code. Kayaknya telat banget kalo aku ngasih resensi buku ini, mengingat ini buku yang udah ada sejak lumayan lama, dan ini buku termasuk best seller… Tapi, buat kalian yang nggak ngerti tentang buku ini… Tolong sempatkan waktumu buat baca ini! Karena sumpah ini keren banget! Jangan ngaku pecinta teori konspirasi kalo kalian belum baca ini buku! But, before we read this book, it’s better for read my resume… Check this out!

            The Da Vinci Code mengisahkan tentang petualangan seorang sejarawan, sekaligus ahli simbol a.k.a pakar ikonografi dari Universitas Harvard bernama Robert Langdon. Saat dia di Paris, dia berniat buat ketemuan sama kurator terkenal Museum Louvre yaitu Jacques Saunière, untuk membicarakan sesuatu—entah apa itu.

            Namun, hal tak terduga terjadi! Jacques Saunière dibunuh oleh seorang biarawan taat yang albino bernama Silas. Dan, hanya karena pesan terakhir Jacques, Robert Langdon jadi dituduh oleh polisi Prancis sebagai pembunuhnya! Akhirnya, Langdon berhasil kabur dari Museum Louvre dengan bantuan dari Agen Sophie Neveu, seorang kriptolog Prancis sekaligus cucu sang kurator!

            Petualangan seru pun dimulai… Petunjuk awal adalah posisi mayat yang menyerupai lukisan Da Vinci yang berjudul The Vitruvian Man, deretan angka – angka acak 13 – 3 – 2 – 21 – 11 – 8 – 5 dan 2 baris kalimat “O, Draconian Devil! Oh, lame saint!” Ternyata, angka – angka tersebut adalah deretan Fibonnaci jika disusun dari kecil ke besar. Lalu, dua kalimat itu adalah anagram dari “Leonardo Da Vinci! Mona Lisa!” Dan dari lukisan Monalisa, mereka menemukan petunjuk lagi di lukisan Madonna of the Rocks—sebuah kalung kunci emas dengan ukiran PS yang misterius. Dan menurut Langdon, jelas sekali ini menunjukkan bahwa Jacques Saunière adalah anggota persaudaraan Biarawan Sion, atau mungkin justru petingginya…

            Dari sana mereka menemukan sebuah alamat yang merujuk pada alamat 24 Rue Haxo, sebuah bank penyimpanan Swiss yaitu Bank Zurich. Dan betapa kagetnya Sophie Neveu dan Robert Langdon, saat mereka menemukan kotak berukiran mawar yang sangat indah dan di dalamnya terdapat sebuah cryptex. Cryptex adalah sebuah silinder penyimpanan (biasanya sesuatu yang rahasia) yang hanya dapat dibuka jika kita mengetahui 5 kombinasi huruf sebagai password. Dan jika kita ‘memaksa’ membukanya, maka cairan cuka akan merusak kertas papirus yang berisi hal ‘rahasia’ tersebut, dan otomatis ‘rahasia’ itu akan ikut hancur juga.

            Setelah melalui pelarian yang jauh dan rumit, tibalah mereka di rumah Sir Leigh Teabing, seorang sejarawan berkebangsaan Inggris dan kebetulan seorang knight dan sangat tertarik pada Holy Grail dan batu kunci Biarawan Sion yang merujuk pada Holy Grail—yang dipercaya sebagai cryptex tersebut. Mereka—terutama Neveu—mendapat pengetahuan yang luar biasa. Tentang kaum pagan, Knight Templar, Biarawan Sion, Alkitab yang diubah oleh Konstantin, Holy Grail, pertentangan antara kaum Pagan yang memuja dewi dengan pihak Gereja, dan lain – lain, serta mengupas tuntas banyak karya Leonardo Da Vinci yang kontroversial!

            Mereka melakukan pelarian ke London untuk memecahkan kode tersebut. Namun, tiba – tiba, Silas si pembunuh datang. Oh no! Apa ya yang bakal mereka lakukan? Hmm… Aku pengen bikin temen – temen penasaran nih! Makanya, baca sendiri bukunya yah! Masih kurang yakin? Oke, I’ll give you more info!

            Di buku ini, kita bisa menemukan fakta – fakta mengejutkan. Bahwa betapa kaum pagan sangat istimewa, dan Gereja (pada masa Konstantin) mengubah Alkitab Perjanjian Lama ke Perjanjian Baru, yang menghapus sifat kemanusiaan Yesus Kristus. Hmm… Ternyata, Holy Grail alias Cawan Suci Kristus itu yang akan mengungkapkan kebenaran dari Injil yang telah diubah!

            Disini kita akan menemukan tokoh – tokoh tak terduga! Sandro Botticelli yang menjadi Mahaguru Biarawan Sion pada tahun 1483 – 1510… Leonardo Da Vinci sang pelukis fenomenal juga menjadi Mahaguru pada tahun 1510 – 1519… Penemu hokum Boyle di Fisika, Robert Boyle juga pernah menjadi Mahaguru pada tahun 1654 – 1691… Penemu gaya yang sangat terkenal, dan sebagai anak SMA bakalan malu – maluin banget kalo nggak kenal Sir Isaac Newton yang menjadi Mahaguru pada 1691 – 1727…

            Disamping itu, kita bakal disuguh dengan petualangan seru, dan menegangkan. Kita akan berkutat dengan angka, simbol, ikonografi, bahasa Ibrani, anagram, dan kode – kode lainnya… Hubungan antara Matematika, Proporsi Agung, PHI, deret Fibonnaci, kaum Pagan, Knight Templar, Freemasonry, Biarawan Sion, Opus Dei, Seni, Fisika, Lukisan, Leonardo Da Vinci, Bintang David, Pentakel, Illuminati, kisah asli Maria Magdalena, Holy Grail, Injil, Kebudayaan Kuno Yunani Romawi Mesir, Yahudi, Raja Solomon, Darah Murni, Sangreal, Merovingian, mawar berkelopak lima, Segel Salomo, PS, dan lain sebagainya!

            Bagi fans dan pecinta lukisan Leonardo Da Vinci… Silakan tercengang dengan ulasan menarik pada lukisan Mona Lisa, The Last Supper, The Vitruvian Man, dan Madonna of The Rocks. Temukan fakta dan keajaiban mereka disini! Temukan apa yang membuatnya menjadi kontroversial disini! Temukan kode rahasia yang disampaikan Da Vinci melalui lukisannya… Kode rahasia Da Vinci yang (akan) menguak tabir kehidupan dan (akan) mengubah sejarah!

            Yah, akhir kata… Buku ini sangat menarik, dan sayang kalau dilewatkan begitu saja. Dan Brown benar – benar cerdas merangkai kata, dan membawa emosi pembaca. Novel bersetting-kan sekitar 2 hari ini benar – benar aku baca 2 hari hampir tanpa berkedip! Novel ini akan membuka mata kita, dan mungkin bisa jadi menggoyahkan iman kita… Namun, bacaan ini sangat bermutu dan mengandung nilai edukasi—menurutku. The Da Vinci Code adalah bacaan wajib para pecinta teori konspirasi. Sebagai penulis, Dan Brown benar – benar seorang master dengan gaya bercerita khas-nya:

“Seorang yang tampak baik di awal, bisa jadi seorang yang sangat jahat… Dan seorang yang tampak sangat jahat di awal, bisa jadi hanyalah dimanfaatkan oleh seseorang yang tampak baik.” –sebuah pola yang juga ada di novelnya yang lain, Deception Point (Titik Muslihat)

So… Simpan spekulasimu!

Baca dan nikmati saja 🙂

Selamat berpetualang!

Iklan

2 thoughts on “The Da Vinci Code: Kode Misterius Da Vinci yang (Akan) Mengubah Sejarah!

    • iyasih kamu betul bangeet 🙂 tapi buat orang yg gak jeli, bisa dikira fakta semuaa.. hahaha. but, i can see what is the facts and what is the fiction 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s