Matematika Bisa Unyu :3

Kemarin Kamis tanggal 4, aku mendapat materi bab baru yaitu Peluang atau Probabilitas. Dan yang pertama kali kita pelajari adalah Kaidah Pencacahan, diantaranya ada Aturan Pengisian Tempat, Permutasi, dan Kombinasi.

Tapi, hari itu, kita belajar aturan pengisian tempat dulu. Ada berbagai metode, misalnya dengan Diagram Pohon, Tabel Silang, dan Pasangan Berurutan. Nah selanjutnya aku mau ngutip dari catetanku nih! Begini bunyinya…

Misal tersedia n buah tempat dengan k1 adalah banyak cara mengisi tempat pertama, k2 adalah banyak cara mengisi tempat kedua, dan seterusnya sampai kn yang merupakan banyak cara untuk mengisi tempat ke-n. Maka, banyak cara untuk mengisi n tempat yang tersedia secara keseluruhan adalah:

k1 x k2 x k3 x k4 x…xkn

Contoh soal: *nah ini nih yang bikin unyu :3 dan ngakak selama sejam pelajaran*

Seseorang bernama Rifai (bukan nama sebenarnya) mempunyai 3 celana berwarna pink, hijau pupus, dan biru laut; mempunyai 2 kaos berwarna kuning, dan ungu; mempunyai 3 sepatu berwarna kuning emas, silver, dan oranye; mempunyai 2 bando putih dan merah kembang – kembang; mempunyai 3 rok mini berwarna lorek macan, polkadot pelangi, dan lorek hitam; mempunyai 2 kacamata yang satu tanpa lensa dan kacamata kuda; mempunyai 4 pita cokelat, hitam, ungu dan jambon; dan 2 payung cantik biru doraemon dan dora. Berapa banyak cara Rifai memakai celana, kaos, sepatu, bando, rok mini, kacamata, pita, dan payung berganti – ganti dan bergaya di perempatan?

Jawab: 3 x 2 x 3 x 2 x 3 x 2 x 4 x 2= 1728

 

*lo bayangin, di kelas gue kebetulan ada yang namanya Rifai! Dan otomatis kita langsung ngebayangin dia begitu… Sementara dia sok – sokan bergaya cucook boo’ macam gitu… Gimana gue dan kelas tercinta gue gak ngakak? -_- Bu Nur emang bisaa aja :3 Dan ternyata Matematika bisa unyu dan bikin ngakak juga yaa :3*

 

By the way, gue mau nitip #octoberwish nih 🙂

#OctoberWish

  • MID Semester 1 ini sebangku sama yang udah kenal, atau sebangku sama anak yang ramah dan enak diajak ngobrol *biar ga boring gitu*
  • MID Semester 1 ini bisa menunjukkan kalau aku bisa lagi berada di posisi peringkat satu pararel lagi atau seenggaknya dua deh hehe :3
  • Allah memberikan kemudahan tiada tara buatku ngerjain MID Semester…
  • Allah memberiku kemudahan buat nyelesain BAB 2 dari karya tulis ilmiahku :3
  • Allah memberikan kekuatan dan kesembuhan pada teman curhatku tercinta Anindwitya Rizqi Monica yang habis kecelakaan :’)
  • Allah memberiku senyuman untuk menghadapi semua cobaan :’)
  • Adek – adek kelas X peleton cowok calon tonti Kartika 2012 nggak pada molor yang bayar seragamnyaa :3 #maksa
  • Semoga di tanggal keramat—tanggal dua belas—nggak ada lagi galau – galau dan bulir air mata yang menetes 😀
  • Peleton Inti KARTIKA SMA Negeri 7 Yogyakarta semakin jaya!
  • Gladhi Tangguh Jurnalistik Majalah BRATA cepetan kelar dengan mulus dan lancar 🙂
  • Semoga kelas XI IPA 3 a.k.a Palu semakin kompak dan semakin jaya! *ayo buktikan bahwa kita kelas super seperti kata mereka :3*
  • Semoga kau yang disana tak lagi membuatku terpaksa menjatuhkan air mata lagi :’)
  • Semoga Seveners’013 bisa selalu mencapai apa yang dicita – citakan 🙂
  • Semoga Seveners’014 bisa mencapai prestasi yang lebiih dan lebiih tinggi lagi 🙂
  • Semoga Seveners’015 bisa semakin dewasa, memahami bagaimana dunia SMA, dan tidak terlalu rese pada banyak hal 🙂
  • Allah senantiasa melimpahkan rizqi dan karunia-Nya padaku :3 #amiin amiin

 

Yeah this is my #OctoberWish or maybe Wishes ya? Banyak banget soalnya harapannya :p

Iklan

One thought on “Matematika Bisa Unyu :3

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s